Apa Itu Videotron dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Banyak diantara kita yang sebenarnya sudah pernah melihat videotron. Baik secara langsung maupun tidak langsung, namun tidak menyadari bahwa yang kita lihat tersebut adalah sebuah videotron.

Di televisi misalnya. Kita sering melihat acara TV yang menampilkan konser musik hingga berbagai ceremony dengan latar belakang (background) yang bergerak dinamis. Sering juga, kita melihat layar raksasa yang dipasang di kiri dan kanan panggung. Baik latar belakang maupun layar raksasa tersebut sebenarnya adalah videotron.

Videotron atau yang dikenal juga dengan sebutan LED display sering digunakan untuk menampilkan background bergerak pada berbagai pertunjukan panggung. Mulai dari acara konser musik, ajang penganugerahan, wedding ceremony, hingga panggung kampanye.

Selain itu, LED display juga sering digunakan untuk menggantikan baliho konvensional. Dan, sering juga dimanfaatkan untuk keperluan meeting.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa, fungsi videotron sangat beragam. Misal, dapat dimanfaatkan sebagai media entertainment, media informasi, alat komunikasi satu arah, dan media advertising.

Meski memiliki manfaat yang sangat beragam dan menjadi kebutuhan tersendiri di era modern ini. Namun, harga sebuah LED display tidak bisa dikatakan murah. Begitu pula dengan instalasinya yang membutuhkan keahlian khusus. Belum lagi, penggunaannya yang juga tidak terus-menerus, membuat alat ini hanya cocok dibeli dan dimiliki oleh kalangan tertentu saja.

Jadi, bagi Anda yang membutuhkannya untuk penggunaan sementara. Misalnya untuk keperluan meeting, untuk menampilkan iklan, atau untuk menampilkan background yang dinamis pada event tertentu. Menyewa videotron adalah pilihan tepat.

Terlebih jika anda tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Dimana, terdapat banyak pilihan tempat rental videotron murah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun budget.

Fungsi LED Videotron

1. Media Entertainment

Layaknya sebuah proyektor. Videotron bisa dimanfaatkan sebagai media entertainment untuk menampilkan video dari berbagai macam sources.

Penggunaannya yang paling umum sebagai media entertainment di antaranya adalah, untuk background konser musik, acara pernikahan, ajang penganugerahan, hingga kampanye. Tak jarang, LED display juga digunakan dalam acara-acara khusus seperti fashion show.

Karena bisa menerima input dari kamera. Maka, tak mengherankan pula apabila LED display sering digunakan untuk membantu meningkatkan atmosfer di sekitar tempat (live) konser.

LED display ini juga berfungsi untuk mendekatkan panggung kepada para penonton. Sehingga, penonton yang berada di kejauhan bisa melihat aktivitas di panggung dengan lebih mudah dan jelas.

2. Media Advertising

Tujuan utama iklan dibuat adalah untuk menarik minat masyarakat agar mau membeli atau menggunakan produk serta jasa yang ditawarkan. Selain itu, iklan juga kerap digunakan untuk branding atau meningkatkan citra.

Agar bisa menarik minat. Iklan tentu saja ada harus menarik. Dan iklan yang bergerak dinamis (motion picture) dianggap jauh lebih menarik dibandingkan dengan gambar diam (still image).

Karena dianggap lebih menarik, tak mengherankan apabila LED display makin banyak dipilih untuk media Advertising dibandingkan dengan printed baliho konvensional.

Di dunia periklanan, LED display ini lebih dikenal dengan sebutan “electronic billboard.”

Kelebihan videotron sebagai media Advertising di antaranya adalah, pesan pada iklan lebih mudah diterima, tidak membosankan, mudah diganti, serta bisa mengeluarkan suara.

3. Media Informasi dan Komunikasi

Bisa bergerak dinamis dan mudah diganti-ganti adalah alasan mengapa videotron banyak dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat maupun karyawan, baik oleh perusahaan maupun instansi pemerintah.

Mengenal Jenis LED Videotron

Berdasarkan penempatannya, videotron dibagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah videotron indoor, dan yang kedua adalah videotron outdoor. Apa perbedaannya?

1. LED Videotron outdoor

  • Dirancang agar tahan cuaca. Terutama, tahan terhadap terpaan air hujan
  • Menggunakan lampu jenis DIP (Dual In-Line Package) yang lebih terang agar bisa menampilkan gambar yang jernih dan tajam di siang hari
  • Dirancang agar dapat dilihat dengan baik dari kejauhan. Misal >50 meter

2. LED Videotron Indoor

  • Tidak dirancang agar tahan cuaca karena penempatannya sudah di dalam ruangan yang terlindungi dari hujan maupun panas
  • Menggunakan lampu LED jenis SMD (Surface Mounted Device)
  • Dirancang dengan pixel yang lebih rapat agar lebih jelas saat dilihat dari jarak dekat. Misal, antara 1 s/d 5 meter
  • Pada umumnya, indoor LED display dibuat dengan kerapatan pixel antara 4 (P4) hingga 1 pixel (P1). Note: Semakin rapat pixel lampu LED pada panel maka gambarnya pun akan semakin detail

Tempat Sewa Videotron Murah di Jakarta

Jakarta adalah kota metropolitan yang sangat padat penduduk. Kota satu-satunya di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi ini merupakan, pusat industri, pusat pemerintahan, sekaligus pusat perekonomian di Indonesia.

Karena itu, tidak mengherankan apabila wilayah Jakarta merupakan lokasi yang sangat ideal untuk menempatkan billboard elektronik atau menggelar konser berskala nasional maupun internasional.

Karena itu, tidak mengherankan apabila sewa LED videotron menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Untungnya, Di Jakarta ada banyak tempat sewa video termurah.

Harga sewa videotron yang murah membuat biaya untuk menampilkan iklan, memasang background yang dinamis, membuat media entertainment berukuran raksasa, hingga menyampaikan informasi atau berkomunikasi kepada masyarakat lebih mudah dan efektif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top